Rabu, 12 Desember 2012

Mengenal Jenis-Jenis Kain


Om Suastiastu.

Apa kabar teman-temanku? Nah kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis kain. Jenis-jenis kain ini sangat beragam sehingga saya rangkum sedemikian rupa hingga mudah dipahami.

Pada akhir tahun ini banyak remaja-remaja membuat T-shirt untuk perayaan tahun baru, membuat baju kelas, atau sebagainya. Ketika kita menuju ke konveksi atau ke distro kita pasti akan ditanya terlebihdahulu mengenai jenis kain yang akan digunakan. Umumnya pegawai konveksi/distro akan menanyakan kepada pelanggannya menggunakan jenis kain Cotton 30s,40s Combed atau Carded? Bingung kan? Itulah yang saya alami ketika berhadapan dengan pegawai konveksi/distro.

Jenis Bahan Berdasarkan Proses Pembuatannya

  1. WOVEN merupakan kain yang dibuat dari hasi; penyilangan dua benang dengan cara di tenun/dianyam. Sering juga disebut dengan istilah kain tenun
  2. KNIT merupakan kain yang dibuat dari jaritan-jaritan benang dengan benang atau sering disebut dengan kain rajut.
Jenis Bahan Berdasarkan Bahan Bakunya
  • Serat Alam
          - Cotton merupakan jenis kain rajut (knitting) yang berbahan dasar serat kapas. Kain cotton ini memiliki keunggulan tidak kusut apabila dicuci, tidak luntur untuk bahan berwarna, mudah disablon, dan mudah menyerap keringan.

          - Combed Cotton merupakan jenis kain katun yang di produksi dengan finishing disisir (Combed) dengan tujuaan agar serat-serat kapas halus dapat dipisahkan sehingga kain yang didapatkan lebih halus dan tidak berbulu. Kain Katun Combed (Combed Cotton) memiliki beberapa ukuran yaitu Combbed Cotton 20s, 24s, 30s atau 40s. Secara umum semakin kecil angka semakin tebal bahan kaos yang dimaksud. Walau demikian tidak ada standarisasi terhadap bahan katun antar produsen satu dengan produsen yang lainnya sehingga ketebalan kain bisa berbeda beda antara produsen satu dan produsen lainnya. Angka 20, 24, 30, dan 40 menunjukan tipe benang yang diggunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain. Huruf 's' di belakang angka menunnjukan jenis rajutan untuk bahan kaos. 's'  adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan single knit ini rapat, padat, kurang lentur. Selain single knit juga ada istilah double knit sering disingkat 'd' di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal dan lentur, sehingga rajutan jarum ganda (double knit) sangat cocok untuk pakaian bayi dan anak-anak.

          - Carded Cotton berbeda dengan kain katun kombed, kainkatun carded ini tidak disisir pada proses finishing pembuatannya. Oleh karena itu masih terdapat serat-serat kapas halus yang tersisa. Tetapi meskipun demikian kain katun carded memiliki keunggulan yaitu harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kain katun kombed.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo yg bukan serat alam??? sintetic atau nylon, begitukah???

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes